Kamis, 24 Juli 2008

Makam Raden Pangeran Papak

Dalam sejarah sunda memang dikenal nama Pangeran Papak, nama asli beliau adalah Raden Wangsa Muhammad, penyebar agama Islam (dianggap juga salah seorang Wali) di daerah Garut. Makamnya terletak di Cinunuk Wanaraja. Menurut keturunannya, beliau meninggal tahun 1898. Lokasi makamnya bisa dijangkau sekitar 20 menit saja dari pusat kota Garut.
Foto: Makan Raden Pangeran Papak

32 komentar:

jean mengatakan...

Maaf boleh nggak kita kenalan, saya tertarik dengan tulisan anda ini, darimana anda tahu cerita mengenai pangeran Papak, apakah anda keturunannya ?

arof_arfy mengatakan...

Ass..wr.wb...!!! salam kenal,sebelumnya saya memohon kpd anda agar sudikiranya mau melampirkan daftar nama keturunan pangeran papak kebawahnya.karena menurut cerita keluarga kami masih keturunan pangeran papak(R.wangsa muhammad)akhirul kalam jaza kumulloh koirul jazaa...wass....wr.wb...!!!

Hadi Suryadi mengatakan...

Assalamualaikum...

Kang arof masih keturunan pangeran Papak ya...klu begitu kita sodara jauh dong ya :D

saya juga keturunan dari pangeran Papak, sekarang saya sedang mencoba untuk menelusuri keturunan pangeran Papak karena kakek saya Rd Wangsa Mihardja bin Rd Soemadiwangsa baru saja meninggal pada bulan Desember 2008 yang lalu, sebenarnya silsilah keluarga besar cinunuk ada (saya pernah lihat dan pernah membacanya dan dikeluarga kami biasanya kami sebut buku kuning) tp saat ini keberadaannya sedang tidak jelas dan hanya terdokumentasikan sampai keturunan ke 5 pangeran Papak (ayah saya masuk keturunan ke 5)

fyi, sebelum meninggal kakek saya adalah salah seorang juru kunci makam keramat cinunuk. Kang Arof kalau main kesana bisa tanya sama ibu2 yg jualan makanan di warung bawah makam (namanya uwa Popong)

apabila kang arof berminat untuk menelusuri keturunan pangeran Papak, saya rasa kita bisa menelusurinya bersama-sama..


hapunten,
Hadi Suryadi

hdsuryadi@gmail.com
d2suryadi@yahoo.com

Rd Alan mengatakan...

Maaf kalau anda semua ingin lebih mengetahui atau mungkin salah satu dari keturunan R Wangsa Muhammad (Etang Papak ) kami tunggu anda bergabung di Facebook Paguyuban Tunggul Binarum Cinunuk... merupakan tempat berkumpul keluarga besar keturunan R Wangsa Muhammad kata orang sunda mah Sopados teu pareumeun obor... diantos
Wassalam

sahroni mengatakan...

Ass..wr...wb...Hapunten kang bade ngiring nimbrung upami tiasa punten sim abdi hoyong terang silsilah Rd.Wangsa Muhammad,kumargi alhamdulillah abdi osok rada sering jarah ka makom eyang di cinunuk namung upami naroskeun silsilah, kuncen tara ngawartoskeun.Hatur nuhun

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.
wah ternyata banyak juga keturunan pangeran papak beredar di Internet...
salam kenal dari saya (Denny/Deden), cucu dari R. Wangsa Djumena.
to Kang Hadi, mungkin kita sering ketemu juga ya... karena saya juga sering ke alm. Aki Mihardja, adik dari kakek saya, kemarin2 setahun bisa 3-4 x ke tempat beliau. Salam buat keluarga.
wassalam.
denny
damukh@yahoo.com

mira mengatakan...

ass..wr.wb maaf saya ingin bertanya apa pangeran papak ada hubungan saudara dengan Raden hasan kursih...
beliau adalah buyut saya..
kata ayah saya keluarga kami ada turunan pangeran papak....
terimakasih...

Anonim mengatakan...

wah ayah saya turunan ke delapan pangeran papak,buku kuningnya masih ada lengkap semua nama nama keluarga,hehe senangnya bisa ketemu keluarga

Dianne mengatakan...

kami di cimahi, menurut sejarah keluarga kami, kami juga keturunan pangeran papak. kakeknya nenek saya pindah ke cimahi karena ingin menyelamatkan diri dari ancaman kelompok yang katanya NII. nenek buyut saya Rd. Toto Lomanah keatasnya saya tidak hafal. tapi saya pernah ditunjukan kertas kuning silsilah dari Rd.Wangsa Muhammad.yang saya ingat di kertas tersebut ada nama Aki Miharja.kalau dilihat dari silsilah itu saya keturunan ketujuh.salam silaturahmi, semoga bisa menambah informasi mengenai keberadaan keturunan R.Papak

dianne mengatakan...

saya Dianne Brilliantie cucu pertama dari nenek saya Rd.Euis Nata Esah anak pertama dari Rd.Toto Lomanah anak pertama Rd.Wanasih yang juga anak pertama Rd.Sumadiwangsa.saya haturkan salam kepada semua saudara keturunan Rd.Papak (Rd.Wangsa Muhammad)

islah mengatakan...

assalamualaikum..wr wb.. tepangkeun abdi kulawargi ti ciamis,, hapunten upami tiasa abdi hoyong terang silsilah turunan pangeran papak,, saur aki,, sim abdi masih katurunan pangeran papak.. hatur nuhun sateuacanna..

sukmadamayanti mengatakan...

Sampurasuuun..., Assalamualaikum
Nepangkeun sim kuring rehrehan ti Rd.NjiLengkawati,Rd Entin, Rd. Lesmana, Sihapunten,bawiraos pados teu pareumeun obor, tali silaturahim rupina kedah di wujudkeun ku hiji beungkeutan kanggo pangeling-ngeling jujutan rundayan tatali margi lungsuran Ti Rd.Wangsa Muhammad, urang kempelkeun bahan2 sasieureun sabeunyeureun, kanggo data base urang sadaya, sim kuring gaduh data sakedik kedikeun, sumangga gabung wae di FB Rd.Wangsa Muhamad, kanggo patali margi di wewengkon Bandung sabudeuereunana

Anonim mengatakan...

assalammu'alaikum wr wb..
kang arof sama kang hadi masih keturunan eyang pangeran papak ya? berarti saya sama akang2 masih sodaraan dnk... ^-^
kang hadi, alhamdulillah saya knal baik dan sangat dekat dgn almarhum kakeknya kang hadi... almarhum kakek saya khan kakaknya almarhum kakek kang hadi... nama kakek saya "Rd.Wangsa Djumena" kenal khn? ^-^
klo kang hadi punya silsilah dari eyang pangeran papak sampe kakek qta, tolong diemailkan ke saya ya? alamat email saya "kute_fathonah@yahoo.com"
haturnuhun sateuacanna nya kang ^-^
wassalam.

kute_fathonah mengatakan...

assalammu'alaikum wr wb..
kang arof sama kang hadi masih keturunan eyang pangeran papak ya? berarti saya sama akang2 masih sodaraan dnk... ^-^
kang hadi, alhamdulillah saya knal baik dan sangat dekat dgn almarhum kakeknya kang hadi... almarhum kakek saya khan kakaknya almarhum kakek kang hadi... nama kakek saya "Rd.Wangsa Djumena" kenal khn? ^-^
klo kang hadi punya silsilah dari eyang pangeran papak sampe kakek qta, tolong diemailkan ke saya ya? alamat email saya "kute_fathonah@yahoo.com"
haturnuhun sateuacanna nya kang ^-^
wassalam.

wisnu rizky daradjat mengatakan...

assalamualaikum.wr.wb

saya wisnu dari bekasi, ibu saya sering cerita soal raden papak dan kebetulan dulu waktu kecil saya juga pernah masuk bangunan makamnya, kakek saya omon sahman juga dimakamkan di pemakaman cinunuk, saya kurang jelas keturunan darimana, tapi seingat saya kalau tidak salah ibu pernah sebut nama aki darga, dan aki samsu, seingat saya juga buku silsilah keturunan raden wangsa muhammad hilang, tapi di blog ini ada yang bilang dia pegang, salam kenal aja buat sodara2 jauh, dan kalau ada forum di internet tolong kasih2 kabar ya
assalamualaikum.wr.wb

SAMOD mengatakan...

Assalamualaikumm wr wb....!!!
Saya sering berziarah ke makam EYANG RADEN PANGERAN PAPAK....semoga arwah beliau di tempatkan di sisi ALLAH SWT... ( amiiinn )...
Karna sy juga asli org GARUT,desa wanaraja kp cinunuk tengah... tp sekarang tinggal di karawang BATU JAYA...
salam untuk semua keturunan EYANG RADEN PANGERAN PAPAK....

Dr PAK SAMOD sekeluarga....

SITI FATIMAH pak SAMOD mengatakan...

Jika ada yg merasa kenal dengan pak SAMOD... bisa hubungi email ini ( zidan_aqilla@yahoo.com )....
semoga kita bisa menyambung silaturahmi....

zidan_aqilla@yahoo.com

BERBI mengatakan...

Ass Wr.Wb.
Saya Cucu dari buyut H.Syarifudin.
Saya bernama RIZAL A.A.
Menurut cerita buyut H.Syarifudin Satu guru Satu ilmu sama Pangeran PAPAK.
Buyut H.Syarifudin Disuruh Bertapa didalam air selama 40hari 40malam.
5*6 didarat selesai bertapa buyut H.Syarifudin dalam hitungan 1 sampai 7 sudah sampai lampung,
Menurut cerita karena kesaktiaanya Buyut H.Syarifudin Belanda pun tidak bisa masuk Kampung Gunung Sugih Besar,
Menurut Cerita Setiap malam jumaat,Orang banyak yang datang,
Untuk Berobat'
Banyak orang yang sembuh hanya dipegang saja,
Barang yang hilang pun kembali,
Gajah pun apabila mau merusak kebun pergi karna ketakutan.
itu berkat syariat H.Syarifudin dan banyak l;agi ceritanya.
Mobil belanda pun bisa terbalik sama beliau Saya sebagai cucu dari buyut H.Syarifudin ingin berkenalan sama keluarga besar pangeran PAPAK.
Saya RIZAL A.A. Dicengkareng Rawa Buaya ingin mengenal sedikit banyaknya tentang pangeran PAPAK GARUT.
No tlf : 085717251701,082111342268
Kurang lebihnya saya mohon ma'af dan terimakasih.

BERBI mengatakan...

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya RIZAL.A.A
Di Cengkareng Jakbar.
Saya dari cucu Buyut H.Syarifudin.
Ingin Bercerita,
Menurut Cerita Buyut H.Syarifudin satu guru satu ilmu sama Pangeran PAPAK Garut,
Menurut cerita Buyut H.Syarifudin sangat sakti,
Beliau Bertapa didalam air 40hari dan 5*6 Didarat,Selesai bertapa didalam Air dia bisa menghilang dalam hitungan 1 sampai 7 sudah sampai Lampung.
Sampai Belanda pun tidak bisa masuk Kampung Gunung sugih Besar Lampung,
Setiap malem jumaat orang banyak yang datang untuk berobat.
Seperti Barang yang hilang kembali.
Orang yang sakit Bisa sembuh hanya dipegang saja.
Begitulah menurut cerita Keturunan Beliau.
Saya sebagai ketununannya ingin berkenalan sama keluarga besar pangeran PAPAK.
Saya RIZAL.A.A.
No tlf: 085717251701
082111342268 ingin berkenalan.
Begitulah menurut cerita kurang lebihnya saya mohon maaf.

Anonim mengatakan...

ass..saya widi dari jakarta mau tau silsilah keturunan Rd.papak,karena banyak yg bilang ibu saya masih ada keturunan dari Rd.papak nama ibu saya Dini Sridjati,almh kakek saya bernama Hasbullah jayasasmita,kalau almh nama kakek dari kakek somawinata,dirumah ibu saya menyimpan pusaka berupa pedang peningalan dr kakek saya
email:widiprawira@yahoo.co.id

M. Heggy mengatakan...

Betul kata Rd. Alan, kalo mau tahu lebih banyak tentang keluarga besar Rd. Wangsa Muhammad atau Eyang Papak gabung aja di Facebook/Paguyuban Tunggul Binarum, tempat berkumpulnya keluarga besar keturunan Eyang Papak.

test ajah ko mengatakan...

Ass Wr Wb
garis silsilah yang ada di buku keluarga sayah sebagai berikut: R Wahib >> R Ahmad BA >> Nyi Raden Salihah >> KR. Hussein >> R. Nursaid >> Dalem Papak (R. Wangsa Muhammad)>>R. Muhammad Juari >> Dalem Suta Nagara
(Cinunuk)>> Dalem Emas >> Dalem AdipatiSuta Jiwa Negara >> Prabu Wijaya Kusumah (Sunan Cipancar)>> Prabu Liman Sanjaya

yang pertanyaan sayah teh R. Nursaid nama aslinya siapa? aslinya silsilah tsb di atas ditulis degan hurup arab gundul, beliau menurut cerita ayah sayah adalah anak dr Dalem Papak yang hijrah (berdakwah di daerah Lewo, Garut.Kampung halaman sayah...
mohon bantuannya akang euceu yang mengetahuinya.. nuhun sebelumnya

Anonim mengatakan...

Ass wr wb
Nama saya raden panca ali rasa
Mf sya cuman amu tanya saja.begitu banyak yg keturunan eyang papak tpi sya mau tanya siapa nma ayah dri eyng papak klu kalian ada yg thu tlng ksh thu sya di FB ats nma radenpanca@yahoo.com
Sya tnggu kpn aja.
Wasalm

Qi Anwar Jawi mengatakan...

Mugia dina raraga ngabeungkeut silaturahmi keluarga besar Mama Eyang, mangga di haturanan linggih di FB : Raden wangsa Muhamad( Mama Eyang Papak) Kanggo wewengon Jakarta- Bandung

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.......

abdi mamad linggih di komplek PLN Cioray Rajamandala Cipatat kab. Bandung Barat, hoyong kenalan sareng saderek2 sadayana, abdi oge gaduh saderek kang Agus Ain anu janten juru kunci di makam Eyang Pangeran Papak, kumaha nya mun urang teh diayaken reuni/silaturahmi di Cinunuk.Hatur nuhun.

jacky ahmad mengatakan...

alhamdulillah saya bisa menemukan blog ini karena saya bener bener ingin tahu silsilah (eyang papak) kerana menurut silsilah keluarga besar kami masih turunan dari eyang papak....karena leluhur saya eyang satrawijaya putra dari eyang jawiruna...masih keturunan dari eyang papak...saya ingin tahu apa betul silsilah keluarga saya ini masih turunan dari eyang papak.....hatur nuhun wassalam mualaikum...

Anonim mengatakan...

assalammu'alaikum..
Saya Ihsan taqwa dari bekasi, kakek saya bernama edeng supratman.. Saya sanggat penasaran dengan silsilah pangeran papak.. Dan katanya saya masih keturunan beliau,,
yang saya inggin tanyakan bagaimana cara membaca silsilah kluarga di buku kuning, karena bukunya tebal, dan saya binggung mulai dari mana.. Hatur nuhun wassalamualaikum..

Email: taqwaihsan@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

Saya Mau buatin buku tentang silsilah keturunan pangeran papak, Kalo bisa kasih info selengkapnya ke emai saya
@cheese_for_than91@Yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

bisa terangin apa hubunganya wangsapraja dengan pangeran papak ?
katanya ceritanya ada anak pangeran papak yg hilang ke pasir jengkol yg bernama wangsapraja ?
apakah betul.trims

Anonim mengatakan...

ass.. saya ayu di Purwakarta, menurut cerita ibu saya, keluarga saya juga masih ada keturunan R.Papak dan katanya dulu ibu saya punya buku silsilahnya.. saya tertarik sekali dengan hal ini,bisa berkumpul dengan keluarga seketurunan R. Papak

Anonim mengatakan...

aslkm.saya hanya ingin tau silsilah dari Raden WANGSA MUHAMMAD (R.PAPAK). karna di kakek saya Ada Peninggalan CUPU MANIK konon katanya milik raden PAPAK. tolong infokan ke email saya ardiansahid@yahoo.co.id dan trimakasih sebelumnya. wasalammualaikum.

adittya agustimahir mengatakan...

assalammualaikum...ga nyangka ternyata banyak saudara ....hahahahahahahahah seneng sih..sayang nya silsilah catatan turunan nya hilang...tapi banyak hal yang saya mau tanyakan ....karena dalam keluarga ternyata hampir berkaitan ..keluarga ibu dari mutasan keluarga alm eyang papak dari garis turunan kakek ibu ...dari garis istri kakek ibu uha binti odah ( mayumi ) dalem bintang dari garis terakhir rancamaya ...dari ayah..ibu ulloh bin persia dari cirebon girang .... suami rachmat..dari turunan timbanganten......khusus untuk mayumi atau uha binti odah ... fakta sejarah masih keluarga shogun jepang terlihat dari catatan buku harian yang masih di tulis hiragana dan beberapa kanji baku dan beberapa senjata peninggalan almarhummah...yang berlogo keluarga oda ...